Minggu, 08 Juli 2012

1. Anti-Korupsi: "Korupsi = cari untung"


begitu tau topik ini bakal dibahas, topik ini langsung menang melawan kegalauan saya milih antara ngomongin HAM dan korupsi. Korupsi semacam endless case di Indonesia trus pas tau pembicaranya org KPK (@KPK_RI), just wanna know mereka tuh ngapain sih selama korupsi merajalela di Indonesia.
begitu masuk dan disapa moderator, i felt like THIS IS GONNA BE GREAT dan benar. sesi ini sesi favorit saya.
sesi ini awalnya ngasi pendahuluan tentang apa itu korupsi (kegiatan yg ngelanggar hukum utk memperkaya diri sendiri ato golongannya dan merugikan negara) dan bla bla bla nya. satu hal yang menarik dari pendahuluannya tuh si pembicara bilang "All cases that happened in Indonesia can be linked to corruption" trus saya langsung ke inget sama random thought saya tiap liat anak jalanan.
pemerintah korup-kemiskinan-kebodohan-kriminalitas-budaya jelek-pemerintah korup-dst.
kita, Indonesian terjebak dalam lingkaran setan itu, and selalu kepikiran juga HOW TO CUT IT? law inforcementnya dong benerin! terus si pembicara ngasi saya jawabannya yang pathetically mala bikin saya makin putus asa, tapi menggelitik, "hukum di Indonesia tuh tajam ke bawah, tumpul ke atas!" IRONIS KAWAN-KAWAN!!!
gak ada yang ngelak korupsi tuh akar permasalahan bangsa yang bakal berputar dan menyebar ke mana-mana.
trus secara saya masi manusia, pikiran saya terus berputar bertanya, "terus gue mesti ngapain buat ngelawan korupsi, and please be realistic!"
tapi sblm ngmg aksi yg praktikal, saya mikir dulu kenapa MESTI SAYA, kenapa MESTI ANAK MUDA?
klo kata speakernya KITA TUH ASET NEGARA, kt kaum intelektual yang punya semangat juang tinggi dan mengabdi kepada masyarakat. elaborasinya bisa hanya dengan empat kata: LO UJUNG TOMBAK NEGARA
klo dari si speakers KPK, beliau bilang, to fight corruption you need to:
1. say no dulu from the deepest of your heart
2. mulai dr scope kecil, sekitar lo, hal2 simpel hidup lo
3. klo mau yg lebih realistic jadi penggerak jaringan anti korupsi
4. trus tanya lah ke diri lo sendiri, "why do i have to do this?" sampe akirnya lo bisa jawab "IT'S FOR BETTER CHANGE!"

dan saya sendiri secara pribadi bisa mengakhiri catatan kecil saya di blackberry saya kemarin dengan kalimat, "start with yourself!" hahaha.


terus ganti pembicara. ini giliran anak muda yang ngmg. i dunno umurnya berapa tapi dia cukup good at speaking in public. anak dari organisasi yang namanya @ClubSPEAK *please go follow*
speaker ini ngmgnya lebih teknis lagi dan lebih nyata lagi. YA IYALAH, soalny dia langsung bahas hal yang emg lg panas2nya yaitu PILGUB Jakarta. kenapa lsg spesifik, soalnya pilgub ini layaknya "pintu masuk" orang2 ke jabatan di pemerintahan dan mungkin banget ngelakuin korupsi. kenapa jd problematic soalny cagub2 ini dana kampanyenya mahal *psg banner kan bayarnya gak pake daon, bro sis!* trus intiny dia kaya dimodalin sama partai ato perusahaan2 komersial yg pastinya punya "tujuan" modalin mereka dan ini bikin cagub jd terbeban ma private issuenya dan yang paling PROBLEM banget itu INTEGRITAS, lama2 cagub2 ini integriatsnya turun drastis.
orang muda kaya kita ini pas di itung secara statistika, kt tuh golong first voter: voter peringkat pertama dlm hal jumlah. so jangan ampe salah milih.
klo dr si pemuda ini, dy blg kontribusi lo bisa dari mulai ngejaga diri sendiri dari politik2 kotor, klo lo OSIS di skola lo, klo lo pengurus BEM di uni ato fakultas lo, jadi orang yg kritis dan cerdas. trus lo sebarin deh sifat positif lo itu dan trakir AWASIN PENYELENGGARAAN politik.

si anak muda ini menutup sesinya dengan sesuatu yang ngena banget buat saya.

"jangan jadi pemimpin yang memikirkan untung rugi bagi diri sendiri. tapi pikirin, apa sih tujuan lo jadi pemimpin? saran gw jadilah sederhana dan punya integritas tinggi!"

xoxo
C=

Tidak ada komentar: