Sabtu, 14 Juli 2012

2. Politik: Investasi Sosial dalam Menanggulangi Apatisme Berpolitik

judul sesinya kurang lbh menjanjian saya 1 hal, yaitu gmn cara ngadepin apatisme di masa muda.
sesi ini tadinya saya kira cukup berat, soalnya ngomongin soal politik. pas speakernya tanya, "apa sih yang terbersit di pikiran kalian pas denger kata POLITIK?" others teenager jawab, "pemerintah, pejabat, ..., korupsi, ... dan masih banyak lagi" tapi satu kata yang terbersit di otak saya pas denger kata POLITIK adalah rempong.

sesi politik ini saya pilih karena saya suka mengorek hal yang saya anggap rempong dan saya emang lagi berhadapan dengan apatisme yang cukup tinggi. jadi why not saya gali lebih dalam lagi.

sesi ini cukup berkesan buat saya karena moderator sesi ini wakil ketua bem UI 2010 dan salah satu speakernya adalah mantan bem UI 2010. hahahaha.

sesi dimulai dengan intro tentang politik dari seorang politikus dengan bilang, "Politik adalah sebuah petualangan. saya adalah gerilyawan bukan politikus" Indra J Piliang, Politikus partai Golkar.
Beliau mulai cerita soal politik jaman dulu, mungkin taun 1998. ada kisah depolitisasi politik dari kampus2. yang dibayangan saya tahun segitu mahasiswa efekny cukup besar bagi politik dan membahayakan. setelah tragedi itu kampus dibuat steril dari politik dan organisasinya cuma berputar di acara kemahasiswaan, mungkin. #ralatkalausayasalah

jaman itu juga politik kebanyakan dipegang oleh kaum intelektual, mungkin emang karena Pak Harto ga demen sama militer dan kepolisian atau apa lah. intiny di bagian sejarah tentang politik saya agak blurry, speaker ga gitu menarik, hahaha. to be said :p

tapi apa yang menarik dari apa yang dikatakan beliau adalah ketika beliau masuk soal apatisme. kata2 dia bener2 deh nancep. dia blg skr tuh banyak banget kaum apatis. 100% warga negara indo yg bakal vote krg lebih 10% yg ud nentuin mau mili sapa. 90% lagi blm tau dan sisanya bakal golput dan gak peduli.

ketidak peduliannya makin nyata pas beliau kasi contoh, "PilGub tanggal 11 Juli. pas hari libur kan tuh? mungkin di luar sana ada orang yang ngomong, "Gila satu2nya hari libur yang gue punya pun di rampas sama politik!""
hahahaha pathetic banget yah. sepenggal kalimat Pak Piliang terngiang2 terus di otak saya, INI YANG SAYA RASAKAN. INI YANG SAYA HADAPI BELAKANGAN INI. ya ampun, beliau tau banget itu sesuatu banget deh. hahaha.

politik adalah suatu proses yang bisa ningkatin nasionalisme. kaum muda sekarang lagi disiapin beberapa agenda demi masa depan bangsa, ya lewat politik itu. change for a single teen is also change for a whole country. beliau lanjut deh tuh ngomong "nancep" lagi, beliau bilang, "KAUM MUDA, JANGAN JADI BEBAN SOSIAL!"

Politik adalah komunikasi, politik adalah cinta, politik adalah gimana kalian menentukan masa depan sebagai negarawan!

sesi beliau emang alurnya rada gak lurus, nemplok sana sini. tapi dari apa yang dingomongin yang saya tangkep tuh politik ga rempong. segala sesuatu yang lo lakukan sekarang adalah politik.
BERPOLITIK BUKAN HANYA BERPARTAI.

ganti speaker......
dibawain oleh @planpol organisasi juga gerak di bidang politik anak muda.

hmmm to be said, Indonesia itu punya yg namanya bonus demografi, lot of people harusnya.......lot of output. ky sesi sebelumnya yg blg, teenager di Indo tuh first voter dan usia produktif tertinggi karena masih dlm range 15-64 tahun.

untuk anak muda, POLITIK TUH UNCOOL THING. anak muda jadi apatis ma politik, trus agenda pembangunan yang mengarah ke anak muda juga makin tenggelam. di sesi ini gw tuh kayak mikir, gw setuju sama yag diomongin sama si speaker,

KETIKA LO UNAWARE SAMA POLITIK, ARTINYA LO UDA BIARIN TAKDIR LO, FATE, UNTUK DITENTUIN SAMA ORANG LAIN.

trus gimana caranya aktif?
cara old school based: uda ada dari dulu, berkembang dan diterima sama masyarakat. contohnya organisasi kemahasiswaan di uni2
masalahnya: scopenya kecil (cuma terfokus sama organisasi itu sendiri) --> makanya perlu konvergensi. terus pembicara ngasi contoh: PERTEMUAN SENAT MAHASISWA SELURUH INDO (ini FTb kok ga pernah di undang? hahaha)

cara new school based: kaya IYC, conference2, socmed yg ngumpulin aspirasi2
masalahnya: pas diajak ketemu, ngumpul bareng, yg dtg dikit.

#funfact di luar negeri, anak muda makin engage sama politik
#funfact Obama waktu it kampanye pk gaya anak muda, concern ke mslh2 anak muda
#funfact twitter buat anak muda Indo cuma buat ekspresi emosi
#funfact twitter di luar negeri jadi media penyampai aspirasi

kontribusi anak muda ke politik, pake cara apa dong?
lo tipe orang yang kaya gimana?
1. realistik --> ky Okto Maniani, langsung lakukan sesuai kemampuan lo.
2. investigasi --> lo emg yg tipe kepo2, ky lakukan penelitian sosial kecil2an.
3. artistik --> lewat seni
4. social --> suka ngebantu, kooperatif, mgkn jd aktivis sosial anak jalanan
5. enterprising --> talkative, persuasif, bs jd MC2, moderator ato organisatoris
6. konvensional --> suka ma hal yg statis, jd web programmer kaya nolimitd.com

influence lo akan kemana2 lho, ke ortu (vertikal ke atas), ke adik2 (vertikal kebawah), temen2 online n offline (horizontal)

how to start?
punya ideologi dulu
siapin visi
punya kompetensi
punya pengaruh dan jaringan
siap untuk konvergensi

last but not least, perubahan tidak selalu menimbulkan perbaikan, tapi tanpa perubahan tidak akan ada perbaikan!

SO BE THE CHANGE!!!

xoxo
C=

Tidak ada komentar: